Penulis: DAMIA LIANA, S.E.
HIKMATUL FITRI, SE.,M.Sc
Abstrak:
• Melihat penurunan kinerja sektor
industri otomotif, pemerintah
memutuskan memberikan insentif
PPnBM mobil baru dengan mesin di
bawah 1500 cc dan komponen
dalam negeri di atas 70% yang
diberikan secara bertahap selama 9
bulan di tahun 2021.
• Periode I (Maret-Mei 2021)
pembebasan PPnBM mobil sebesar
100%; periode II (Juni-Agustus
2021) sebesar 50%; dan periode III
(September-November 2021)
sebesar 25%.
• Tantangan dalam pemberian
insentif pajak PPnBM mobil di
antaranya adalah masyarakat
masih mempertimbangkan belanja
kebutuhan primer dan kesehatan
dibandingkan barang tersier. Ceruk
pasar mobil dengan spesifikasi di
bawah 1.500 cc didominasi
konsumen yang terkena dampak
negatif pandemi Covid-19.
• Terdapat potensi hilangnya
penerimaan negara karena
pemberian insentif pajak, sehingga
insentif pajak diharapkan dapat
dievaluasi pelaksanaannya setiap
periode.
Penulis: NADYA AHDA, S.E.
Abstrak:
• Pemerintah memutuskan untuk
tidak menganggarkan Program
Bantuan Subsidi Upah (BSU) dalam
APBN 2021 dan mengalihkannya
pada Kartu Prakerja 2021.
• Dengan realisasi anggaran lebih
dari 98 persen, program BSU 2020
telah disalurkan kepada 12,4 juta
pekerja.
• Kontraksi pertumbuhan pada
komponen pengeluaran konsumsi
rumah tangga hingga Triwulan IV-
2020 menunjukkan masih
lemahnya daya beli masyarakat.
• Pergeseran prioritas program PEN
2021 pada kelompok 40 persen
masyarakat terbawah menjadi
tantangan untuk dapat dijawab
melalui implementasi semua
program perlindungan sosial dalam
PEN 2021, termasuk di dalamnya
adalah Kartu Prakerja.
• Pemerintah harus memperbaiki
seluruh catatan evaluasi Kartu
Prakerja 2020, terutama terkait
verifikasi peserta, serta
memastikan seluruh program
perlindungan sosial disalurkan
dengan lebih tepat sasaran.
Penulis: Ade Nurul Aida, S.E., M.E.
Abstrak:
• Sebanyak 90% kegiatan usaha UMKM
terganggu akibat pandemi Covid-19.
Kurangnya digitalisasi UMKM nasional
menjadi salah satu faktor yang
memengaruhi kinerja UMKM saat ini.
Sementara hanya sekitar 13% pelaku
UMKM yang memanfaatkan teknologi
digital.
• Indonesia memiliki potensi ekonomi
digital yang besar. Potensi tambahan
pertumbuhan PDB USD140 miliar dan
26 juta lapangan pekerjaan di 2030
dapat dicapai jika Indonesia mampu
mendorong sebanyak 168.000 UMKM
untuk scale-up dengan adopsi
teknologi digital.
• Masih adanya sejumlah tantangan
dalam transformasi UMKM go digital,
seperti rendahnya tingkat literasi
digital, terbatasnya informasi UMKM
terkait pemanfaatan layanan fintech,
serta belum meratanya akses
infrastruktur internet.
• Dibutuhkan sinergi dan kerjasama
yang baik antar stakeholder terkait,
agar pelaksanaan program
transformasi berjalan sesuai dengan
yang diharapkan.
Penulis: RIZA ADITYA SYAFRI, S. AK., M.E.
NOVA AULIA BELLA
Abstrak:
• Urgensi penyusunan RUU 12
Provinsi didasari atas dasar hukum
pada UU sebelumnya yang masih
menggunakan UU RIS, dengan
konstitusi UUDS 1950;
• Beberapa isu strategis yang
berkembang terkait karakteristisk
Provinsi NTT diantaranya NTT
sebagai daerah kepulauan, NTT
sebagai daerah perbatasan negara,
keberagaman (multietnik), dan
pengelolaan Taman Nasional
Komodo
• Masih ditemui paradigma
mengenai adanya ketidakadilan
dalam perhitungan Dana Alokasi
Umum (DAU) bagi daerah
kepulauan yang disampaikan oleh
stakeholders;
• Sejak tahun 2018, formulasi
perhitungan DAU telah
memasukkan 100 persen luas
wilayah lautan sebagai salah satu
indikator perhitungan DAU;
• Adanya keinginan stakeholders dari
Provinsi NTT untuk pengelolaan
Taman Nasional Komodo dialihkan
ke Pemerintah Daerah;
Penulis: Ratna Christianingrum, S.Si., M.Si.
TIO RIYONO, S.E.
Abstrak:
• RUU PTUK masuk ke dalam long list
Program Legislasi Nasional 2020-
2024.
• Dua substansi dalam RUU PTUK: 1)
batasan nilai berikut pengecualian
atas batasan nilai transaksi uang
kartal, 2) pengawasan pembatasan
transaksi uang kartal.
• RUU PTUK dapat mendorong
inklusi keuangan serta mencegah
dan memberantas tindak pidana
pencucian uang, termasuk korupsi.
• Saat ini Indonesia menghadapi
kondisi IPK menurun dan termasuk
ke dalam kelompok 50% negara
dengan skor IPK terburuk.
• Di ASEAN, Skor IPK Indonesia
berada pada peringkat lima di
bawah Singapura (85), Brunei
Darussalam (60), Malaysia (51),
dan Timor Leste (40). Sehingga,
diharapkan RUU PTUK dapat
berkontribusi pada peningkatan
komitmen pemberantasan korupsi
di Indonesia.
• Pembahasan RUU PTUK dirasa
urgen untuk segera dibahas di DPR
bersama dengan Pemerintah.
Penulis: Martha Carolina, SE.,Ak., M. Ak.
Arjun Rizky Mahendra N
Abstrak:
• Perkawinan anak merupakan
perkawinan seseorang yang belum
dewasa yaitu dibawah usia 18
tahun baik laki – laki maupun
perempuan.
• Terjadi peningkatan 34.000
permohonan dispensasi yang
diajukan pada Januari hingga Juni
2020. Sebanyak 97 persen
permohonan dikabulkan. Sebanyak
60 persen yang mengajukan
dispensasi adalah anak di bawah
umur (19 tahun). Padahal
sepanjang 2019 diketahui hanya
terdapat 23.700 permohonan.
• Perkawinan anak akan berdampak
pada aspek ekonomi, sosial,
kesehatan dan memicu tingginya
tingkat perceraian. Hal ini
berdampak pada bertambahnya
beban masalah pemerintah dalam
menjalankan program wajib belajar
memicu bertambanya masalah
kesehatan ibu dan bayi dan
menurunkan tingkat kemiskinan di
Indonesia,
Penulis: Marihot Nasution, S.E., M.Si.
FIRLY NUR AGUSTIANI S.E., M.M.,
Abstrak:
• Penerapan protokol kesehatan saja
tidak cukup dalam pencegahan dan
penanganan Covid-19, diperlukan
intervensi yang efektif pemerintah
melalui upaya pemberian vaksin
Covid-19.
• Vaksin akan diberikan kepada
181.554.465 jiwa dengan total
kebutuhan vaksin sebanyak
426.800.000 dosis.
• Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan
sebanyak 2 tahap, tahap pertama
pada bulan Januari - April tahun
2021, dan tahap kedua pada bulan
April tahun 2021 - Maret tahun
2022.
• Waktu pelaksanaan pemberian
vaksinasi Covid-19 ini dilakukan 2
(dua) tahap dengan
mempertimbangkan hal - hal
sebagai berikut: ketersediaan
vaksin, waktu kedatangan vaksin,
dan profil keamanan vaksin.
Penulis: SAVITRI WULANDARI, S.E.
Abstrak:
• Sarana dan prasarana
perpustakaan di Indonesia belum
memadai dilihat dari jumlah
perpustkaaan, jumlah koleksi
bahan perpustakaan, dan jumlah
pustakawan yang masih jauh dari
kondisi ideal.
• Terdapat ketidakselarasan antara
target 2021 dan capaian saat ini
pada indikator rasio ketercukupan
koleksi perpustakaan dengan
jumlah penduduk.
• Rata-rata pagu anggaran
Perpustakaan Nasional selama 5
(lima) tahun terakhir adalah
sebesar Rp619.385.821.000
Penulis: Ade Nurul Aida, S.E., M.E.
SATRIO ARGA EFFENDI, S.E.
Abstrak:
• Indonesia memiliki potensi besar
dalam pemanfaatan dan peluang
pengembangan digitalisasi. Asumsi
kontribusi ekonomi digital pada
2020 adalah 3,17% dan pada 2024
ditargetkan menjadi 4,66%.
• Pertumbuhan PDB informasi dan
telekomunikasi pada 2020
diprediksi 7,12%-7,54%,
sementara pada 2024
pertumbuhan PDB menjadi 7,54%-
8,78%.
• Indonesia belum siap
memanfaatkan potensi tersebut
secara maksimal. Dikarenakan
masih ada beberapa tantangan
yang harus dihadapi, yaitu terkait
infrastruktur yang belum merata,
SDM yang belum memadai,
tingginya biaya akses internet,
hingga literasi masyarakat
terhadap teknologi yang masih
terbatas.
• Diperlukan pengembangan dan
pembangunan secara masif dan
perlu adanya langkah kolaborasi
antar semua pihak dalam
menjalankan transformasi digital
Penulis: Rendy Alvaro, S.Sos., M.E.
RIZA ADITYA SYAFRI, S. AK., M.E.
Abstrak:
• Pemerintah berupaya melakukan
reformasi sistem gaji, tunjangan, dan
fasilitas bagi PNS yang nantinya akan
mempengaruhi komponen maupun
besaran gaji dan tunjangan yang akan
diterima oleh PNS;
• Terdapat beberapa skenario yang
mungkin terjadi dalam reformasi
sistem gaji dan tunjangan PNS, yang
akan mempengaruhi porsi belanja
pegawai baik dalam APBN maupun
APBD;
• Belanja Pegawai merupakan salah satu
komponen belanja terbesar dalam
Belanja Pemerintah Pusat. Secara ratarata di tahun 2017-2019, proporsi
belanja pegawai 24,56 persen terhadap
total belanja pemerintah pusat;
• Rata-rata belanja pegawai di 34
Provinsi dalam kurun waktu tahun
2016-2019 mencapai 24,27 persen
terhadap total belanja daerah;
• Terdapat disparitas yang tinggi antara
Provinsi dengan PAD tinggi dengan
Provinsi dengan PAD rendah, dimana
porsi belanja pegawai pada Provinsi
dengan PAD rendah mencapai 25,16
persen terhadap total belanja daerah,
atau 151,02 persen terhadap total
PADnya.
Penulis: Ratna Christianingrum, S.Si., M.Si.
TIO RIYONO, S.E.
Abstrak:
• Kasus aktif positif Covid-19 belum
menunjukkan tanda-tanda
penurunan, sejumlah daerah masih
terus berada di zona merah
• Penunjukan langsung pada
pengadaan alat bantu vaksin perlu
dikaji lebih lanjut
• Perlu adanya kerjasama antara
BPKP, LKPP, bersama Jaksa Agung
Muda Bidang Perdata dan TUN
(Jamdatun) dan Kemenkes guna
mengawasi pelaksanaan program
vaksinasi Covid-19
• Perlu penguatan sistem
pengawasan bagi pelaksanaan
program vaksin, dari proses
pengadaan, pendistribusian, hingga
kegiatan vaksinasi
• Vaksinasi Covid-19 secara mandiri
perlu diatur secara ketat agar tidak
menimbulkan ketidakadilan sosial.
Bagaimanapun juga, terdapat
potensi penyalahgunaan pembelian
vaksin Covid-19 secara mandiri
lewat perusahaan.
Penulis: Martha Carolina, SE.,Ak., M. Ak.
Abstrak:
• Potensi wakaf uang di Indonesia
masih belum optimal. Potensi wakaf
uang menurut BWI tahun 2021
mencapai Rp180 triliun namun saat
ini akumulasi wakaf uang hanya
sebesar Rp819,36 milyar.
• Menurut Masterplan Ekonomi
Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-
2024 beberapa tantangan yang
menjadikan wakaf sulit
berkembang di Indonesia
khususnya wakaf uang, yaitu:
literasi dan inklusivitas wakaf
masih rendah, belum optimalnya
pemanfaatan teknologi dalam
bisnis wakaf, perlunya
penyempurnaan regulasi dan
kelembagaan, dan masih rendahnya
kualitas dan SDM nadzhir.
• Menurut KNEKS strategi agar
pengelolaan wakaf uang dapat
dikelola dengan baik yaitu:
menumbuhkan gerakan nasional
penguatan wakaf, meningkatkan
optimalisasi wakaf, meningkatkan
faktor-faktor kepercayaan wakif,
dan kolaborasi stakeholders wakaf.
Penulis: Marihot Nasution, S.E., M.Si.
Abstrak:
• Kepesertaan program JKP berasal
dari pekerja penerima upah dimana
mereka harus mengikuti empat
program jaminan sosial lainnya,
yakni: JHT, JKK, JKM dan JP.
• JKP meng-cover manfaat berupa
cash benefit, pelatihan, dan akses
informasi pencarian kerja bagi
pesertanya.
• Pemerintah berencana untuk
mendanai tahap awal
penyelenggaraan JKP dengan
menyuntikkan dana sebesar Rp6
triliun.
• Pelaksanaan program JKP di
Indonesia akan sama dengan
implementasi JKP yang telah
dilakukan Malaysia. Yakni ada
employment benefit, employment
services, dan vocational training dan
durasi manfaatnya selama enam
bulan.
Penulis: Slamet Widodo, S.E., M.E.
Abstrak:
• Digitalisasi sekolah merupakan
salah satu langkah awal dalam
mereformasi dunia pendidikan
yang menawarkan konsep new
learning berbasis teknologi
informasi.
• Program ini memungkinkan para
guru dan siswa menjalani proses
belajar mengajar yang lebih efisien,
dimana guru dapat memilih
kurikulum dan siswa dapat
mengunduh modul-modul
pembelajaran melalui suatu
platform secara online.
• Beberapa tantangan yang perlu
dibenahi untuk meningkatkan
efektivitas program ini antara lain
mempersempit ketimpangan angka
partisipasi sekolah di beberapa
wilayah di Indonesia,
meningkatkan program rehabilitasi
kelas, khususnya pada jenjang
pendidikan dasar dan menengah,
dan pembangunan base
transmission station (BTS) di
beberapa wilayah di Indonesia
untuk meningkatkan kualitas akses
jaringan sinyal sebagai basic
backbone program digitalisasi
sekolah.
Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI, Lantai 6, Jl. Jend. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270. Telp. 021-5715.269 / 5715.635 / 5715.656 - Fax. 021-5715.635