Penulis: Dwi Resti Pratiwi, S.T., MPM.
HIKMATUL FITRI, SE.,M.Sc
Abstrak:
▪ Peningkatan kebutuhan masyarakat
terhadap layanan keuangan telah
mendorong para pelaku jasa
keuangan, terutama perbankan,
untuk bertransformasi dalam
memberikan layanan dan nilai tambah
ke ranah digital.
▪ Hingga periode Mei 2021, volume
transaksi digital banking meningkat
sebesar 56% (yoy) dibandingkan
tahun 2020 yang meningkat sebsar
41% (yoy).
▪ Peluang bisnis bank digital di
Indonesia sangat tinggi. Data Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
(APJII) 2019 menyebutkan penetrasi
pengguna internet sudah mencapai
73,7% dengan jumlah pengguna
internet mencapai 196,7 juta jiwa.
▪ Beberapa tantangan masih akan
dihadapi bank digital: (1) belum ada
payung hukum yang mendukung
perkembangan digitalisasi perbankan;
(2) belum ada regulasi terkait
perlindungan data dan sistem
keamanan yang memadai.
▪ Pemerintah perlu merevisi aturan
yang menghambat perkembangan
digitalisasi perbankan khususnya UU
perbankan, membangun infrastruktur
telekomunikasi dan informatika yang
merata dan berkualitas.
Penulis: Robby Alexander Sirait, S.E., M.E., C.L.D
Abstrak:
• Salah satu strategi pemerintah dalam
RKP 2022 adalah pembentukan
korporasi petani, yang sebenarnya telah
digagas sejak 2017.
• Guna mewujudkan gagasan tersebut,
terdapat beberapa hal yang dapat
dilakukan pemerintah, antara lain:
a. Menerbitkan Perpres tentang
Peningkatan Kesejahteraan Petani
Berbasis Korporasi Petani.
b. Menetapkan Kementerian yang
menjadi leading sector dan bentuk
sinergitas antar sektor.
c. Memastikan pemerintah terlibat
langsung dalam pembentukan
korporasi hingga korporasi
berkembang menjadi matang dan
kuat, dengan memperhatikan:
✓ Petani harus menjadi subjek
pembentukan korporasi.
✓ Harus ada pendampingan
hingga terbentuk model bisnis
korporasi yang matang dan kuat.
✓ Didukung regulasi atau
kebijakan yang memberikan
perlindungan bagi petani,
termasuk jaminan harga dan
jaminan risiko bagi petani.
✓ Reformasi skema kredit
pertanian.
✓ Pembentukan korporasi petani
menggunakan model integrasi
vetikal berbasis koperasi.
Penulis: SATRIO ARGA EFFENDI, S.E.
Abstrak:
• Hingga saat ini, ada 4 lokasi
pembangunan pusat data
nasional: Bekasi, Batam,
Penajam Paser Utara, dan
Labuan Bajo.
• Kemenkominfo berencana
mengganti pusat data dari 2.700
menjadi hanya 8-12 national
data centre dan mereformasi
penggunaan aplikasi SPBE dari
27.400 menjadi hanya 50
aplikasi.
• Pembangunan pusat data
nasional diharapkan dapat
meningkatkan efisiensi APBN
hingga Rp 20 triliun per tahun.
• Pembiayaan pembangunan PDN
sebesar USD400 juta (Rp5,9
triliun) dengan pinjaman lunak
dari Prancis dan Korea Selatan
menggunakan skema
Government-to-Government
(G2G).
• Pemerintah juga perlu
menyiapkan berbagai kebijakan
untuk memenuhi kebutuhan
kaderisasi SDM yang
berkompeten di bidang tata
kelola data centre.
Penulis: NOVA AULIA BELLA
Rendy Alvaro, S.Sos., M.E.
Abstrak:
• Dalam laporan Global Innovation
Index tahun 2020, Indonesia
menempati peringkat 85 dari 131
negara.
• Inovasi sendiri berkontribusi pada
pertumbuhan ekonomi melalui
investasi.
• Kementerian Dalam Negeri
terdorong untuk menyusun Model
Pengukuran Indeks Inovasi oleh
pemerintah daerah untuk
mendorong tumbuh kembangnya
inovasi dalam penyelenggaraan
pemerintahan daerah sehingga
dapat menarik investasi.
• Provinsi dengan tingkat inovasi
tinggi masih mengalami penurunan
pertumbuhan investasi.
• inovasi dalam penyelenggaraan
pemerintahan dan pelayanan
publik di daerah belum cukup
efektif dalam mendorong
peningkatan investasi.
• Pemerintah perlu melakukan
penguatan stabilitas politik dan
pemberian insentif fiskal untuk
mendorong peningkatan investasi
di daerah.
Penulis: Rendy Alvaro, S.Sos., M.E.
Ratna Christianingrum, S.Si., M.Si.
Abstrak:
• Terdapat 57,3 persen negara di
dunia mengalami overcrowded.
• Indonesia termasuk ke dalam
kategori yang mengkhawatirkan
yaitu extreme overcrowded dan
termasuk pada urutan ke-23 di
dunia atau urutan ke-4 tertinggi di
ASEAN.
• Dalam 11 tahun terakhir, penghuni
lapas meningkat dari 88.928
(2011) menjadi 272.082 (2021)
atau meningkat 206 persen
• Dari keseluruhan kantor wilayah
(kanwil), hanya 3 kanwil yang tidak
mengalami kelebihan kapasitas,
yaitu kanwil Yogyakarta, Gorontalo,
dan Maluku Utara.
• Jumlah penghuni pada kanwil
tersebut sudah mencapai 88,70
persen dari kapasitas.
• Dampak overcrowded lapas/rutan
dapat dilihat pada aspek sosial
ekonomi, hak asasi manusia, dan
keamanan.
• Solusi overcrowded lapas/rutan
antara lain: Perbaikan Regulasi dan
Penambahan kapasitas.
• Diharapkan ke depan, demand dan
supply atas lapas/rutan akan bisa
terkendali.
Penulis: ROSALINA TINEKE KUSUMAWARDHANI, S.E., M.M.
LINIA SISKA RISANDI
Abstrak:
• Pemerintah menargetkan
rehabilitasi mangrove 150.000 ha
di tahun 2021 dan 600.000 ha di
tahun 2024.
• Pada tahun 2021, rehabilitasi
mangrove dari bulan Januari
sampai dengan Mei 2021 baru
mencapai 1.103 ha atau baru
terealisasi 0,73 persen dari target
tahun 2021 sebesar 150.000 ha.
• Beberapa hal yang perlu menjadi
perhatian bagi pemerintah.
Pertama, upaya melindungi
propagul mangrove yang jatuh ke
tanah dengan membuat pemecah
ombak. Kedua, melakukan evaluasi
kesesuaian lahan untuk rehabilitasi
hutan mangrove. Ketiga,
rehabilitasi mangrove berbasis
masyarakat guna menjamin
keberlanjutan ekologi dan sosial-
ekonomi masyarakat sebagai
penerima manfaat. Keempat,
peranan perguruan tinggi yang
mencakup riset untuk ketersediaan
bibit mangrove. Kelima,
menyelaraskan standar biaya
rehabilitasi lahan yang telah
ditetapkan KLHK dan pemerintah
daerah.
Penulis: EMILLIA OCTAVIA, ST.,M.Ak
RICKA WARDIANINGSIH, SE
Abstrak:
• Pembangunan PBLN masih menjadi
prioritas pemerintah dalam RPJMN 2020-
2024 dengan target 18 unit. Namun, masih
terdapat beberapa kendala, antara lain:
penentuan garis batas negara yang belum
tuntas, buruknya akses dan kualitas
infrastruktur jalan menuju kawasan PLBN,
permasalahan terkait pembebasan lahan,
dan masih ditemukan ketersediaan dan
kualitas sarana dan prasarana penunjang
yang terbatas.
• Atas kendala tersebut, terdapat beberapa
rekomendasi yang dapat dilakukan
pemerintah:
a) Kementerian PUPR melakukan
koordinasi lebih lanjut dengan instansi
terkait dalam mengatasi berbagai
kendala yang menghambat.
b) Penataan ulang serta peningkatan
sarana dan prasarana PLBN melalui
sinergi dan koordinasi antar
stakeholders.
c) Memastikan pembangunan PLBN yang
sedang dan akan dilaksanakan telah
terintegrasi dengan pembangunan
sarana dan prasarana pendukung.
d) Kementerian PUPR dapat
berkoordinasi dengan Kementerian
ESDM agar pembangunan PLBN dapat
sekaligus dengan pemasangan
pembangkit listrik tenaga surya atap.
Penulis: RAHAYUNINGSIH
Abstrak:
• Produksi gula selama kurun
waktu 2015-2019 belum beranjak
naik, bahkan semakin menurun.
Tahun 2015, produksi gula
nasional mencapai angka 2.5 juta
ton dari luas areal sebesar
443.651 ha, tetapi pada tahun
2020, luas areal hanya 416.982 ha
dengan produksi gula total
diperkirakan 2.18 juta ton
sementara untuk gula konsumsi
sebesar 2,8 juta ton. Sehingga
terdapat kekurangan 620 ribu ton
yang selama ini dipenuhi oleh
impor.
• Untuk mengejar produksi dalam
negeri guna mencapai
kemandirian importasi gula, PT
Perkebunan Nusantara (PTPN) III
berencana membentuk holding
pabrik gula yang bernama
SugarCompany atau SugarCo.
• Produktivitas gula nasional
sangat tergantung pada
pembenahan dari sisi on farm dan
off farm.
Penulis:
Abstrak:
• Kurang menariknya investasi di
sektor migas RI ditandai dengan
menurunnya investasi serta tidak
tercapainya target investasi di sektor
ini.
• Terdapat beberapa permasalahan
yang menyebabkan investasi hulu
migas terus mengalami penurunan
diantaranya: Pertama, investasi hulu
migas semakin lama didominasi oleh
investasi produksi dan
pengembangan sedangkan investasi
eksplorasi menurun berdampak pada
minimnya upaya pemboran sumur
wildcat. Kedua, iklim investasi yang
kurang menarik. Ketiga,
ketidakpastian mengenai peraturan
perundang-undangan dan imbal dari
hasil investasi.
• Rekomendasi yang dapat diberikan:
Pertama, menciptakan iklim investasi
yang kondusif, melalui akselerasi
penyederhanaan perizinan, PTSP,
perizinan online, keterbukaan
pengelolaan data, mempercepat
birokrasi, dan memperbaiki tata
kelola migas. Kedua, meningkatkan
program kerja pemboran sumur,
workover, dan pemeliharaan sumur.
Ketiga, memastikan adanya
harmonisasi aturan yang dikeluarkan
dengan implementasi di lapangan.
Penulis: HIKMATUL FITRI, SE.,M.Sc
DAMIA LIANA, S.E.
Abstrak:
• Salah satu bentuk reformasi
perpajakan yang akan dijalankan
pemerintah adalah Alternative
Minimum Tax (AMT), dengan tarif 1%
dari penghasilan bruto WP Badan.
• Rencana penerapan AMT timbul akibat
maraknya WP Badan yang mengaku
rugi fiskal selama bertahun-tahun,
namun bisnisnya tetap beroperasi.
• Terdapat tiga macam desain AMT yang
diterapkan berbagai negara, (a) AMT
yang menjadikan omzet sebagai basis
pajak; (b) AMT yang menyasar pada
nilai buku aset usaha sebagai basis
pajak; dan (c) restrukturisasi
perhitungan penghasilan kena pajak
(modified-income minimum tax).
• Pemerintah perlu menimbang
beberapa hal sebelum menerapkan
AMT, yaitu tarif 1% diharapkan tidak
membebani cashflow perusahaan yang
merugi, karena tetap harus membayar
pajak minimum sesuai AMT, dan
penerapan AMT di tengah pandemi
diharapkan tidak bertentangan dengan
konsep pajak penghasilan itu sendiri.
• Untuk itu, pemerintah dapat
melakukan beberapa hal sebelum
menerapkan pajak AMT, yaitu
penentuan kriteria subjek pajak, desain
perhitungan AMT, dan kepastian bagi
WP untuk tetap dapat memanfaatkan
insentif pajak.
Penulis: NADYA AHDA, S.E.
Abstrak:
• Kegiatan Prioritas (KP 1) merupakan
salah satu kegiatan yang
direncanakan pemerintah untuk
dapat mewujudkan Program
Prioritas (PP) Pembangunan Wilayah
Papua dalam Prioritas Nasional (PN)
No. 2 RKP 2022.
• Secara umum, sebelum pandemi
menyerang, kinerja indikator
pembangunan di wilayah Papua
sudah menunjukkan arah perbaikan
selama beberapa tahun terakhir.
• Pemerintah menargetkan perbaikan
yang cukup signifikan pada seluruh
indikator pembangunan wilayah
Papua pada tahun 2022. Oleh karena
itu, pemerintah harus menggiatkan
pengembangan KP 1.
• Adanya tren penurunan investasi di
wilayah Papua, masih belum
optimalnya investasi pada sektor-
sektor ekonomi krusial pendukung
proyek KP 1, serta belum masuknya
pemain industri utama di KI/KEK
masih menjadi tantangan.
• Meningkatkan dan mempromosikan
investasi di wilayah Papua, promosi
spesifik investasi pada sektor
ekonomi krusial, serta menggiatkan
pendekatan pada industri-industri
yang disasar dapat menjadi solusi.
Penulis: Ade Nurul Aida, S.E., M.E.
Abstrak:
• Indonesia termasuk sebagai salah
satu negara tertinggal dalam migrasi
ke siaran TV digital atau Analog
Switch Off (ASO).
• Rencananya siaran TV digital akan
diselenggarakan dalam lima tahapan,
yang berakhir paling lambat 2
November 2022.
• Penerapan siaran TV digital memiliki
beragam keunggulan seperti efisiensi
spektrum frekuensi, kualitas siaran
lebih optimal, maupun efektivitas
industri penyiaran.
• Dengan penerapan siaran TV digital,
pemerintah berharap mendapatkan
digital dividend.
• Menurut Boston Consulting Group
(2017) manfaat atas digital dividend
diantaranya potensi peningkatan
PDB, potensi pajak dan PNBP,
munculnya bisnis baru, serta
terciptanya lapangan kerja.
• Tantangan dalam mendukung siaran
migrasi TV digital yakni infrastruktur
spektrum frekuensi, kesiapan
masyarakat, serta ketersediaan STB
Penulis: RIZA ADITYA SYAFRI, S. AK., M.E.
NOVA AULIA BELLA
Abstrak:
• Berdasarkan laporan tahunan
Ombudsman RI, terjadi kenaikkan
laporan/pengaduan yang dilakukan
masyarakat sepanjang tahun 2020.
• Dilihat dari pihak terlapornya,
sebanyak 39,59% pengaduan
masyarakat ditujukan untuk
pemerintah daerah. Sementara
dilihat dari maksud/tujuan laporan,
sebanyak 1.621 laporan
merupakan laporan terkait
penanganan Covid-19.
• Dari seluruh laporan terkait
penanganan Covid-19, sebanyak
83,04% ditujukan terkait
penyaluran bantuan sosial.
• Dari Berbagai persoalan teknis,
data, dan mal-administrasi terkait
penyaluran bansos, berpotensi
memengaruhi efektivitas bansos
sebagai jaring pengaman sosial
sehingga tidak efektif dalam
menekan peningkatan angka
kemiskinan.
• Beberapa langkah perlu dilakukan
pemerintah diantaranya: (1)
Pemutakhiran data DTKS dengan
kolaborasi antara Kemensos dan
Kemendagri; (2) Penguatan fungsi
dan peranan Ombudsman RI untuk
mengawasi pelayanan publik.
Penulis: Ratna Christianingrum, S.Si., M.Si.
TIO RIYONO, S.E.
Abstrak:
• Perkembangan Pendapatan Negara
Bukan Pajak (PNBP) Kepolisian RI
selama 11 tahun terakhir
cenderung mengalami peningkatan.
• Pada tahun 2017 realisasi PNBP
kepolisian mengalami lonjakan
penerimaan sebagai dampak
reformasi birokrasi di tubuh
Kepolisian.
• Perkembangan penerimaan PNBP
Kepolisian dari pelayanan SKCK
menunjukkan peningkatan
signifikan dari Rp19,34 miliar
(2010) menjadi Rp264,84 miliar
(2017). Kemudian terus meningkat
hingga tahun 2019. Proporsi
Penerimaan SKCK juga terus
mengalami peningkatan. Namun
pada 2020 mengalami penurunan
sebagai dampak Covid-19
• Penerimaan PNBP dari pelayanan
SKCK sesudah diterapkan SKCK
online lebih tinggi dibandingkan
sebelum diterapkannya pelayanan
SKCK online.
• Pelayanan SKCK masih terdapat
banyak kekurangan: 1) Belum ada
standar pelayanan publik; 2) Belum
optimalnya pengawasan terhadap
penyelenggaraan pelayanan; 3)
Rendahnya integritas; 4) Belum
muncul efek jera.
Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI, Lantai 6, Jl. Jend. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270. Telp. 021-5715.269 / 5715.635 / 5715.656 - Fax. 021-5715.635