Penulis: Dahiri, S.Si., M.Sc., C.L.D
ROSALINA TINEKE KUSUMAWARDHANI, S.E., M.M.
Abstrak:
• HPP 2020 lebih tinggi dari HPP
2015
• Biaya usaha tani untuk setiap 1 kg
GKP adalah sebesar Rp4.523.
• Harga gabah sudah di atas HPP
2020
• Rata-rata GKP di tingkat petani
Rp4.855 per kg dan GKG Rp5.462
per kg.
• GKP di tingkat penggilingan
Rp4.952 per kg dan GKG Rp5.626
per kg.
• Revisi HPP Gabah dan Beras. GKP di
Petani Rp4.940 per kg, GKG di
petani Rp6.164 per kg, GKP di
penggilingan Rp5.035 per kg, GKG
di penggilingan Rp6.275 per kg,
GKG di Bulog Rp6.325 per kg, dan
Beras Rp9.306 per kg
Penulis: EMILLIA OCTAVIA, ST.,M.Ak
RICKA WARDIANINGSIH, SE
Abstrak:
• Pada 2018, kinerja logistik Indonesia
masih tertinggal dibanding
Singapura, Thailand, Vietnam dan
Malaysia, yang salah satunya
disebabkan oleh masih tingginya
biaya logistik di Indonesia.
• Salah satu yang memengaruhi
tingginya biaya logistik ini adalah
kinerja layanan pandu dan tunda di
pelabuhan yang masih dihadapkan
pada beberapa masalah, antara lain
a. Bentuk pasar layanan pandu dan
tunda bersifat monopoli,
b. Ketentuan terkait ukuran kapal,
dan
c. Kewajiban penggunaan kapal
tunda bagi kapal yang hendak
melakukan perbaikan
• Guna mengurangi biaya logistik
dalam rangka peningkatan daya
saing perekonomian nasional,
pemerintah perlu merevisi
Permenhub 57/2015 dengan
memberikan kesempatan swasta
untuk memberikan layanan pandu
dan tunda, serta melakukan
penyesuaian batasan ukuran kapal
yang diwajibkan dan kewajiban
pengunaan kapal pandu di
pelabuhan khusus.
Penulis: ERVITA LULUK ZAHARA, S.E., M.E.
Abstrak:
• Indonesia yang merupakan salah
satu negara dengan cadangan nikel
terbesar di dunia (sekitar 21% dari
total cadangan dunia) tentunya
memiliki potensi ekonomi yang
besar jika pemerintah dapat
melakukan hilirisasi nikel.
• PT. Pertamina (Persero), PT. PLN
(Persero), Mining Industry
Indonesia (MIND ID) dan PT. Aneka
Tambang Tbk (Antam) telah
menandatangani perjanjian
tentang struktur kepemilikan
Indonesia Battery Corporation
(IBC), yaitu sebuah perusahaan
induk baterai kendaraan listrik.
• Keterlibatan Indonesia dalam
rantai pasok global industri
kendaraan listrik masih sangat
kecil. Kendala teknologi dan
Sumber Daya Manusia (SDM), serta
masih lemahnya industri
manufaktur baterai di Indonesia
merupakan hal mendasar yang
perlu dibenahi.
Penulis: DEASY DWI RAMIAYU, S.E.
Abstrak:
• Besarnya potensi jumlah limbah
FABA memerlukan adanya
akselerasi pemanfaatan untuk
mengurangi permasalahan
lingkungan, sehingga ditetapkan
FABA sebagai limbah non B3.
• Dampak positifnya, kebijakan ini
dapat menghemat anggaran
pembangunan infrastruktur senilai
Rp4,3 triliun hingga 2028
mendatang, meningkatkan
pendapatan pekerja, memperluas
peluang investasi, serta sebagai
sumber energi baru terbarukan
(EBT). Dari sisi negatifnya, rencana
pengelolaan yang tidak perlu
mendapatkan persetujuan teknis
dan pengawasan lemah dapat
memperbesar risiko pencemaran
limbah terhadap kesehatan
masyarakat dan lingkungan.
• Hal yang dapat dilakukan antara
lain: perlunya mendorong
Kementerian ESDM untuk
menyusun SOP pengelolaan limbah
FABA yang baik dan aman bagi
lingkungan; dan memberlakukan
persetujuan teknis tentang
rencana pengelolaan limbah
Penulis: SATRIO ARGA EFFENDI, S.E.
MUJIBURRAHMAN
Abstrak:
Teknologi informasi dan komunikasi
yang terus berkembang semakin
dibutuhkan oleh masyarakat dunia
tidak terkecuali Indonesia.
Teknologi TIK telah berperan
meningkatkan penerimaan negara
melalui PNBP.
PNBP Lainnya yang berasal dari
Kemenkominfo terus mengalami
peningkatan. Rata-rata tumbuh 7%
per tahun dalam setengah dekade
terakhir. Naik dari Rp17,4 T pada
2015 menjadi Rp22,8 T pada 2019
Tingginya PNBP Kemenkominfo
diyakini berasal dari pembangunan
infrastruktur TIK yang terus digenjot
baik oleh pemerintah maupun pihak
operator telekomunikasi.
Berdasarkan hasil survey Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
(APJII) periode 2019-kuartal 1/2020,
bahwa jumlah pengguna internet di
Indonesia mencapai 196,7 jutajiwa
atau naik 64,8% jika dibandingkan
dengan tahun 2018.
Penulis: RIZA ADITYA SYAFRI, S. AK., M.E.
NOVA AULIA BELLA
Abstrak:
Investasi berperan penting dalam
menggerakkan perekonomian suatu
daerah, karena pembentukan modal
memperbesar kapasitas produksi,
menaikkan pendapatan di suatu daerah
dan menciptakan lapangan kerja baru.
KementerianPendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi secara
berkala telah melaksanakan evaluasi
kinerja penyelenggaraan pelayanan
publik sebagai upaya pemerintah dalam
meningkatkan kualitas pelayanan
publik.
Salah satu unit penyelenggara
pelayanan publik yang masuk dalam
kategori pelayanan prima adalah Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi
Jawa Barat.
Hingga Triwulan III tahun 2020
DMPTSP Provinsi Jabar telah
mengeluarkan izin investasi di Provinsi
Jawa Barat sebesar Rp86,3 triliun.
Investasi tersebut mendorong
peningkatan pertumbuhan ekonomi di
Provinsi Jawa Barat pada kuartal III
2020 yang meningkat 3,37% dibanding
kuartal II 2020
Penulis: Ratna Christianingrum, S.Si., M.Si.
TIO RIYONO, S.E.
Abstrak:
Kejahatan Narkotika merupakan
kejahatan extraordinary.
Penyalahgunaan narkotika di dunia
dalam 10 tahun terakhir meningkat
30% dari 210 juta orang (2009)
menjadi 269 juta orang (2018), atau
prevalensi sebesar 4,8% (2009)
menjadi 5,3% (2018).
Di Indonesia, angka prevalensi
terhadap penyalahgunaan narkotika
menurun signfikan sejak tahun 2011
sampai dengan tahun 2019, yaitu
sebesar 2,23% (2011), 2,18% (2014),
1,77% (2017), dan 1,80% (2019).
Tingginya kasus penyalahgunaan
narkotika tidak hanya menempatkan
Indonesia dalam kondisi darurat
narkoba, namun sudah dalam kondisi
narcoterrorism.
Eksekusi hukuman mati merupakan
hukuman yang paling keras ditujukan
kepada pengedar narkoba dan
terbukti menurunkan jumlah
penyalahgunaan narkotika secara
signifikan.
Dukungan anggaran BNN 2021
menurun bila dibandingkan pada
2020, padahal BNN dihadapkan pada
tantangan perkembangan kejahatan
yang terus meningkat. dalam kondisi
pandemi.
Penulis: Dwi Resti Pratiwi, S.T., MPM.
DAMIA LIANA, S.E.
Abstrak:
• Pemerintah menetapkan untuk
menaikan tarif CHT rata-rata
sebesar 12,5% pada tahun 2021.
• Namun Sejak adanya kenaikan
tariff CHT pada tahun 2007, angka
prevalensi rokok belum
menunjukkan penurunan yang
konsisten dan justru meningkat
pada tahun 2018.
• Kenaikan tarif CHT justru semakin
meningkatkan peredaran rokok
illegal.
• Kenaikan CHT membuat kondisi
petani tembakau semakin terpuruk
dan pekerja atau buruh rokok
terancam kehilangan pekerjaan.
• Diharapkan kebijakan kenaikan
CHT sebesar 12,5% ini didukung
kebijakan lain seperti sanksi yang
tegas terkait penjualan rokok untuk
anak dibawah 18 tahun, Direktorat
Jenderal Bea Cukai (DJBC) harus
lebih tegas menindak peredaran
rokok illegal. Terkait petani
tembakau, pemerintah dapat
mencoba untuk memberikan
pelatihan alternatif tanaman lain
yang lebih menguntungkan
Penulis: FADILA PUTI LENGGO GENI, SE.,MM
Abstrak:
• Tax amnesty jilid I masih belum
optimal dilihat dari beberapa hal;
indikator tax amnesty yang tidak
tercapai, kerja sama internasional
belum optimal, sosialisasi tidak
tepat sasaran, kesulitan repatriasi
dana untuk jumlah besar dalam
satu akun, hingga kekhawatiran
Wajib Pajak atas nilai tukar rupiah
dan kecemasan jika ada perubahan
kebijakan pemerintah yang
mengancam dana Wajib Pajak.
• Peluang adanya moral hazard di
masyarakat jika tax amnesty
dilakukan berulang.
• Dari evaluasi tax amnesty I,
Indonesia belum siap melakukan
tax amnesty jilid II karena belum
adanya perbaikan sistem yang
signifikan untuk melakukan
kebijakan tax amnesty.
• Untuk meningkatkan pendapatan
pajak sebaiknya mengoptimalkan
objek pajak baru seputar ekonomi
digital atau yang lainnya.
Penulis: Martha Carolina, SE.,Ak., M. Ak.
Abstrak:
• Pada tahun 2020, pemerintah secara
resmi memberikan pengecualian
pajak pada Badan Pengelolaan
Keuangan Haji (BPKH) dalam
mengelola hasil investasi dari
penempatan surat berharga pasar
modal syariah melalui Pasal 45 ayat
(1) Peraturan Menteri Keuangan
(PMK) 18/2021 yang merupakan
aturan pelaksana dari UU PPh, UU
PPN, dan UU KUP yang direvisi
melalui UU No. 11/2020 tentang
Cipta Kerja.
• Pengecualian pajak BPKH sesuai UU
No. 34/2014 dapat meningkatkan
optimalisasi “nilai manfaat” yang
dapat digunakan untuk biaya
operasional BPKH, program
kemaslahatan DAU, alokasi jemaah
tunggu.
• Menurut Kepala BPKH Anggito
Abimanyu, pengecualian pajak BPKH
ini diharapkan memberikan lima
manfaat yaitu meningkatkan dana
kelolaan haji, mengurangi subsidi
BPIH yang berasal dari dana APBN,
meningkatkan likuiditas bank
syariah, mendorong peningkatan
kegiatan ekonomi berbasis syariah,
dan meningkatkan investasi syariah.
Penulis: Marihot Nasution, S.E., M.Si.
Abstrak:
• Suplus arus kas BPJS Kesehatan
disebabkan oleh kenaikan iuran dan
berkurangnya utilisasi pelayanan
Kesehatan di fasilitas Kesehatan
akibat pandemi.
• Hadirnya surplus arus kas masih
belum menandakan bahwa BPJS
Kesehatan sehat secara finansial.
Batas minimal BPJS Kesehatan
dikatakan sehat adalah dengan aset
bersih sebesar Rp13,93 triliun.
Dimana angka ini diestimasi cukup
untuk membayar klaim 1,5 bulan ke
depan. Dengan surplus saat ini, aset
bersih BPJS Kesehatan adalah
sebesar minus Rp6,36 triliun.
• Kinerja JKN menunjukkan tren yang
meningkat atau semakin baik dari
berbagai aspek penilaian kinerja,
namun masih belum merata di
seluruh Indonesia. Beberapa
wilayah masih kekurangan SDM,
kekurangan faskes terakreditasi,
bahkan jumlah tempat tidur di RS
jumlahnya masih di bawah standar
WHO. Surplus memang menjadi
sinyal positif bahwa sistem JKN kita
mampu menangani kesehatan
seluruh negeri. namun bukan
penentu utama kinerja JKN.
Penulis: SAVITRI WULANDARI, S.E.
OLLANI VABIOLA BANGUN, SIP.,MM
Abstrak:
• Indonesia memiliki potensi
pengembangan ekonomi kreatif yang
cukup besar diantaranya
keberagaman daya, sumber daya
alam, dan penduduk yaitu bonus
demografi dan jumlah penduduk
kelas menengah yang besar.
• Ekonomi kreatif memberikan
dampak positif terhadap
perekonomian diantaranya karena
berkontribusi terhadap PDB,
kegiatan ekspor serta penyerapan
tenaga kerja
• Pemerintah juga telah memuat
beberapa program Pemulihan
Ekonomi Nasional (PEN) yang dapat
dimanfaatkan oleh para pelaku
ekonomi kreatif diantaranya subsidi
bunga dan restrukturasi pembiayaan,
perlakuan khusus bagi penerima
KUR, UMi serta anggaran Rp3,8
triliun untuk stimulus
• Tahun 2021 ditetapkan sebagai
Tahun Internasional Ekonomi Kreatif.
Selanjutnya, pada tahun 2021
pemerintah berencana untuk
mendorong para pelaku ekonomi
kreatif untuk paham dengan
digitalisasi
Penulis: Dahiri, S.Si., M.Sc., C.L.D
LINIA SISKA RISANDI
Abstrak:
• Impor garam terus terjadi setiap
tahunnya.
• Kegiatan impor garam berpotensi
merugikan para petambak garam.
• Kebutuhan garam terus meningkat
setiap tahunnya.
• Produksi garam domestik
meningkat setiap tahunnya, tetapi
kapasitas produksinya belum
mampu memenuhi kebutuhan
garam.
• Hal-hal yang perlu dilakukan
pemerintah terkait meningkatkan
produksi petani garam yaitu:
➢ Penggunaan teknologi sarana
pembersihan (washing plant).
➢ Reposisi produksi dengan
pembangunan pilot project
pabrik garam dengan teknologi
garam industri terintegrasi.
➢ Perlunya dilakukan perluasan
lahan garam di daerah potensial
seperti Jawa Barat, Sumatera
Utara, Sumatera Selatan, Banten,
Sumatera Barat, Kalimantan
Barat, Kalimantan Timur, Nusa
Tenggara Timur, Papua dan
Lain-lain.
➢ Memperbaiki sistem regulasi
dan tata niaga garam.
Penulis: EMILLIA OCTAVIA, ST.,M.Ak
RICKA WARDIANINGSIH, SE
Abstrak:
• Dalam Sustainable Development
Goals (SDGs), pemerintah
menargetkan 100 persen akses air
minum yang layak dan berkelanjutan
bagi masyarakat pada 2030.
• Terdapat beberapa kendala yang
menghambat pencapaian SDGs
tersebut, yakni penyediaan air baku
yang masih bermasalah dari sisi
kuantitas dan kualitas, keterbatasan
pendanaan dalam pelaksanaan
SPAM, dan rendahnya kinerja
pelayanan PDAM sebagai
penyelenggara SPAM yang
mengakibatkan penurunan jumlah
SR.
• Untuk mengatasi kendala tersebut,
pemerintah perlu:
a. mempercepat pembangunan
jaringan air baku;
b. mengoptimalkan perlindungan
dan pelestarian sumber air baku
serta perubahan sikap
masyarakat yang sadar akan
perilaku hidup bersih dan sehat
(PHBS);
c. mendorong keterlibatan swasta
dalam pemenuhan air minum;
dan
d. mengoptimalkan kinerja PDAM
Penulis: Adhi Prasetyo Satriyo Wibowo, S.M, M.A.P., C.L.D
Abstrak:
• Sebagai salah satu upaya
mewujudkan ketahanan pangan,
pemerintah melalui membentuk
holding BUMN pangan.
• Penerapan GCG merupakan salah
satu syarat utama agar BUMN dapat
menjadi besar, profesional dan
kompetitif.
• Secara umum permasalahan yang
terjadi dalam penerapan GCG lebih
dipengaruhi dari sisi managerial,
untuk itu agar kinerja holding
pangan dapat lebih optimal ada
beberapa poin yang perlu
dipertimbangkan diantaranya:
Komitmen dari Komisaris dan
Direksi, Monev penerapan ISO
37001:2016, penempatan
Komisaris dan Direksi sesuai
dengan kompetensinya,
memperkuat fungsi pengawasan
yang dilakukan Komisaris dan
Satuan Pengawas Internal.
Penulis: Rastri Paramita, S.E., M.M.
Abstrak:
Pentingnya pengelolaan Supply
Chain Management (SCM) karena
memiliki posisi yang strategis,
sehingga didorong untuk
meningkatkan penggunaan Tingkat
Komponen Dalam Negeri (TKDN).
Guna mengoptimalkan TKDN
dalam hulu migas, terdapat tantangan
yang masih dihadapi, diantaranya
terkait SDM, keterbatasan
permodalan, belum adanya integrasi
dan sinergi kerja sama antara
perusahaan, perbankan, asuransi,
lembaga penelitian dan
pengembangan, perguruan tinggi, dan
pihak terkait lainnya, serta masih
terbatasnya insentif fiskal dan
perlindungan terhadap industri lokal.
Keempat tantangan tersebut dapat
direkomendasikan penyelesaiannya
antara lain melalui kerja sama dengan
lembaga pendidikan dan pelatihan,
kerja sama perbankan dan lembaga
nonperbankan terkait permodalan,
penyiapan gambaran peta peluang dan
skala bisnis, dan memberikan tarif bea
masuk lebih tinggi bagi barang-barang
impor yang terindikasi dumping serta
keringanan pajak bagi produsen lokal
yang mendukung industri hulu migas.
Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI, Lantai 6, Jl. Jend. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270. Telp. 021-5715.269 / 5715.635 / 5715.656 - Fax. 021-5715.635