Penulis: MUTIARA SHINTA ANDINI, S.E., M.E.K.K.
Abstrak:
• Pandemi Covid-19 telah
memberi dampak yang sangat
signifikan bagi sektor
perekonomian. Angka
kemiskinan yang sempat
menurun pada kurun waktu
sebelumnya kembali
menunjukkan peningkatan yang
cukup drastis.
• Bantuan Sosial Tunai disalurkan
kepada 9 juta Keluarga Penerima
Manfaat (KPM) dengan nilai
bantuan Rp600.000 per KPM per
bulan selama tiga bulan dan
dimulai April, Mei dan Juni 2020.
• Bantuan sosial sendiri masih
terdapat masalah pokok yaitu
perihal ketidakakuratan data,
namun terdapat pula masalahmasalah yang khusus terjadi
pada daerah 3T, yaitu perihal
mekanisme penyaluran dan juga
akses.
Penulis: Marihot Nasution, S.E., M.Si.
Abstrak:
• Berdasarkan data Kementerian
Ketenagakerjaan (Kemnaker) per 31
Juli 2020, tercatat bahwa sebanyak
83.645 dari 2.146.667 pekerja
terdampak Covid-19 terkena PHK.
Untuk menjawab persoalan
meningkatnya pengangguran akibat
PHK lahirlah Program Jaminan
Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang
merupakan jaminan sosial kepada
pekerja/buruh yang mengalami PHK.
• Program JKP masih belum mencakup
pekerja informal, karena banyak
pekerja informal yang belum
terdaftar dalam BPJS
Ketenagakerjaan.
• Program JKP masih bersifat
diskriminatif terhadap pekerja
disabilitas.
• Ada potensi pembebanan kondisi
fiskal tahun 2022 dari adanya
program ini
Penulis: SAVITRI WULANDARI, S.E.
Abstrak:
• Teknologi informasi dan komunikasi
yang terus berkembang harus dapat
diaplikasikan untuk mencapai
tujuan bernegara, salah satunya
melalui digitalisasi sekolah.
• Upaya digitalisasi sekolah
merupakan prioritas yang perlu
ditangani Pemerintah untuk
menghadapi tantangan Revolusi
Industri 4.0 dan meningkatkan
kualitas SDM Indonesia secara lebih
cepat.
• Pemerataan sarana prasarana
pendukung pendidikan digital dan
kebijakan terkait menjadi tantangan
terbesar.
• Alokasi anggaran ke fungsi
Pendidikan dengan besaran minimal
20 persen harusnya dapat lebih
diefektifkan.
• Kebijakan pendukung upaya
digitalisasi sekolah yang dilakukan
oleh Pemerintah berupa pengadaan
sarana prasarana pendukung dan
sosialisasi sekolah digital kepada
siswa dan tenaga didik.
Penulis: SATRIO ARGA EFFENDI, S.E.
Abstrak:
• Anggaran LPP RRI cenderung
naik, dari Rp960 miliar di tahun
2017, naik menjadi Rp1,07
triliun di tahun 2020, atau naik
sebesar Rp116 miliar.
• Realisasi anggaran dalam 4
tahun terakhir cenderung
meningkat, dengan rata-rata
peningkatan sebesar 4% per
tahun.
• PNBP tahun 2020 mengalami
kenaikan. PNBP naik dari Rp33
miliar di tahun 2019, menjadi
Rp39 miliar di tahun 2020.
• Realisasi PNBP untuk Tahun
2020 sebesar Rp39,1 miliar,
atau 187,26% dari estimasi
sebesar Rp20,8 miliar.
• PNBP Fungsional LPP RRI
mengalami kenaikan dengan
rata-rata peningkatan sebesar
13% per tahun.
• Pada APBN tahun 2022,
anggaran LPP RRI direncanakan
sebesar Rp1.041,9 miliar dan
masih dialokasikan untuk
Proyek Prioritas Nasional (PN).
Penulis: RIZA ADITYA SYAFRI, S. AK., M.E.
NOVA AULIA BELLA
Abstrak:
• RUU HKPD yang saat ini tengah
dibahas, selain merupakan
bentuk sinkronisasi antara
berbagai regulasi terkait
hubungan keuangan antara
pusat dan daerah, juga
berupaya untuk mengatasi
persoalan desentralisasi fiskal
yang belum berjalan maksimal.
• Berbagai persoalan
mengakibatkan belum
maksimalnya penerapan
desentralisasi fiskal
diantaranya, belanja daerah
yang belum produktif, tingginya
idle kas daerah di perbankan,
hingga masih tingginya
ketimpangan keuangan antar
daerah/ regional.
• Salah satu aspek yang
mengalami perubahan dalam
RUU HKPD adalah terkait Pajak
Daerah dan Retribusi Daerah
(PDRD).
• Implikasi dari perubahan
pengaturan dalam RUU HKPD
diharapkan akan meningkatkan
PAD pemerintah daerah,
sehingga akan dapat
mengurangi ketergantungan
pemda terhadap dana transfer
ke daerah dari APBN.
Penulis: Ratna Christianingrum, S.Si., M.Si.
Abstrak:
• Peningkatan lalu lintas internet
juga telah menarik pelaku-pelaku
kejahatan siber dan berakibat
pada lebih banyak lagi kasus
serangan siber di Indonesia. Dari
Januari hingga April 2020, ada
setidaknya sekitar 88 juta kasus
termasuk percobaan penipuan
(phising), serangan malware, dan
pengumpulan informasi.
• Dalam kurung waktu 6 tahun
terakhir, telah terdapat 25.759
aduan masyarakat melalui portal
Patrolisiber dengan total kerugian
mencapai Rp5,05 triliun.
• Penanganan tindak pidana siber
di Indonesia dapat dilakukan oleh
Kepolisian Republik Indonesia
dan Kementerian Komunikasi dan
Informatika Republik Indonesia
(Kominfo).
• Penanganan tindak pidana siber
oleh Kepolisian RI tidak pernah
mencapai 50 persen dari total
laporan yang masuk.
• Anggaran penindakan tidak
pidana siber di Kepolisian
mencapai Rp43,53 miliar pada
tahun 2020, dimana penanganan
tindak pidana siber merupakan
salah satu tugas dan tanggung
jawab Kepolisian RI.
Penulis: Dwi Resti Pratiwi, S.T., MPM.
HIKMATUL FITRI, SE.,M.Sc
Abstrak:
• Salah satu perusahaan properti kedua
terbesar di Tiongkok, Evergrande,
diberitakan mengalami krisis keuangan
dan Amerika Serikat (AS) juga
menghadapi risiko kegagalan membayar
utang.
• Terkait hal tersebut, Indonesia perlu
mewaspadai dampak rambatan dari
kedua kondisi ekonomi terbesar dunia
terhadap pemulihan ekonomi domestik.
Hal ini disebabkan kedua negara tersebut
memiliki hubungan ekonomi yang erat
dengan Indonesia.
• Efek krisis Evergrande dapat berdampak
bagi Indonesia melalui sektor riil. Situasi
ekonomi Tiongkok dapat berpengaruh
terhadap kinerja ekspor Indonesia.
• Jika risiko kegagalan membayar utang AS
dan penutupan pemerintahan terjadi,
maka pemeritahan AS akan mengurangi
belanja publik serta pembayaran dan
tunjangan pegawai AS. Sehingga hal
tersebut akan berdampak pada
pelemahan konsumsi rumah tangga AS
dan melemahkan permintaan barang
impor dari negara mitra dagang,
termasuk Indonesia.
• Pemerintah harus berupaya menjaga
sektor-sektor produksi agar tidak
mengalami tekanan terlalu dalam,
sehingga dapat mendorong pemulihan
dari sisi permintaan global. Sektor
produksi yang tidak mengalami kendala
tentunya akan mendukung peningkatan
kinerja investasi.
Penulis: TEUKU HAFIZH FAKHREZA, SE
Abstrak:
• Pembangunan JTTS tertuang dalam PP
No. 100 Tahun 2014 yang kemudian
diubah dengan PP No. 117 Tahun 2015.
• JTTS hingga saat ini telah beroperasi
sepanjang 653 km, yang terdiri dari
sembilan ruas tol yaitu BakauheniTerbanggi Besar sepanjang 140 km,
Terbanggi Besar-Kayu Agung
sepanjang 189 km, Kayu AgungPalembang-Betung sepanjang 38 km,
Belawan-Medan-Tanjung Morawa 43
km, Medan-Binjai sepanjang 13 km,
Medan-Binjai sepanjang 13 km, MedanKualanamu-Tebing Tinggi sepanjang
62 km, Palembang-Indralaya sepanjang
22 km, Sigli-Banda Aceh Seksi 4
Sepanjang 14 km, Pekanbaru-Dumai
sepanjang 132 km.
• Terdapat beberapa poin evaluasi yang
harus menjadi perhatian, yaitu mulai
dari tanggung jawab pemerintah
terkait pembebesan lahan di mana
lahan tersebut digunakan sebagai
tempat mata pencaharian utama
masyarakat, menurunnya pendapatan
usaha di sekitaran jalan lintas Sumatera
yang sebelumnya menjadi jalan utama,
serta ruas jalan tol yang bergelombang
hingga berlubang.
Penulis: LINIA SISKA RISANDI
Abstrak:
• Harga jagung dalam negeri di
pasaran mencapai Rp6.000 per kg
atau mengalami kenaikan 33,33
persen dari harga acuan pembelian
(HAP),
• Berdasarkan data, stok jagung
pada minggu ke empat September
2021 mencapai 2,75 juta ton.
Artinya, harga jagung di pasar yang
melonjak bukanlah karena
kekurangan pasokan.
• Faktor-faktor yang menyebabkan
harga jagung naik :
➢ Kondisi produksi di beberapa
daerah tidak merata dan musim
panen jagung di Indonesia tidak
merata.
➢ Gudang (storage)
penampungan yang ada belum
memadai dan merata di seluruh
daerah.
➢ Rantai distribusi yang masih
panjang dan distribusi tidak
merata.
➢ Adanya ketimpangan antara
peternak rakyat dengan
perusahaan pakan ternak besar.
➢ Pabrik pakan besar dan
pengepul menyimpan jagung
dalam jumlah besar
Penulis: Robby Alexander Sirait, S.E., M.E., C.L.D
Abstrak:
▪ Berdasarkan UU tentang Jalan dan PP
tentang Jalan Tol, jalan tol yang masa
konsesinya berakhir dapat ditetapkan
menjadi jalan umum tanpa tol atau tetap
difungsikan sebagai jalan tol.
▪ Apabila ditetapkan menjadi jalan umum,
maka akan berimplikasi pada
bertambahnya beban fiskal dalam APBN di
tengah besarnya mandatory spending yang
diprediksi mencapai 81,9 persen terhadap
total belanja negara di tahun 2025. Oleh
karena itu, jalan tol yang masa konsesinya
telah habis sebaiknya tetap difungsikan
sebagai jalan tol dan tetap dikenaikan tarif
sesuai dengan pengaturan dalam UU
tentang Jalan. Namun, tarifnya akan lebih
murah karena sudah tidak lagi didasarkan
pada pemenuhan pengembalian investasi.
▪ Pengusahaan jalan tol pasca masa
konsensinya sebaiknya dilakukan melalui
pembentukan BLU Khusus guna
memastikan penetapan tarif memang
hanya didasarkan kebutuhan biaya
pemeliharaan dan pengembangan, serta
memudahkan pengawasan oleh Komisi V
DPR RI. Oleh karena itu, perlu adanya
pengaturan bahwa pengusahaan jalan tol
dapat dilakukan oleh BLU dimaksud
dalam proses pembahasan RUU tentang
Jalan di Komisi V DPR RI
Penulis: RAHAYUNINGSIH
Abstrak:
• SDM yang berkualitas dan memiliki
daya saing global menjadi salah
satu penentu kesuksesan UMKM.
• Pemerintah telah melakukan
beberapa program kebijakan dalam
pengembangan kapasitas SDM
diantaranya pelatihan teknis,
manajemen usaha, teknik
pemasaran, bantuan modal atau
akses terhadap pinjaman, bantuan
peralatan, dan berbagai kegiatan
pendampingan lainnya.
• Program yang telah dijalankan
pemerintah dalam pengembangan
kapasitas SDM UMKM masih
dihadapkan beberapa
permasalahan diantaranya,
pelatihan mandiri yang tidak
terhubung dengan ekosistem
digital, ketidaktahuan dan
ketidakmampuan SDM dalam
mengakses pembiayaan
pemerintah.
Penulis: Ade Nurul Aida, S.E., M.E.
Abstrak:
• Dalam melindungi dan
meminimalisir ruang siber dari
ancaman siber, maka diperlukan
keamanan siber agar ruang
siber dapat tetap berjalan.
• Data GCI 2020 menunjukkan
posisi keamanan siber
Indonesia berada pada
peringkat 24 jauh berada
dibawah Singapura maupun
Malaysia yang berada pada
posisi 4 dan 5.
• Berdasarkan data A.T. Kearney
(2018) sektor khusus keamanan
siber Indonesia masih sangat
kurang bahkan masih belum
hadir.
• Laporan NCSI menyebutkan
regulasi perundang-undangan
di Indonesia masih lemah.
• Dukungan belanja keamanan
siber Indonesia masih relatif
kecil. Berdasarkan data A.T
Kearney (2018) menunjukkan,
bahwa pada tahun 2017
anggaran belanja keamanan
siber Indonesia hanya mencapai
USD1.829 juta atau setara
dengan 0,02 persen dari GDP.
Penulis: Rendy Alvaro, S.Sos., M.E.
NOVA AULIA BELLA
Abstrak:
• ANRI sebagai regulator yang
mempunyai tugas merumuskan
dan menetapkan norma,
standar, pedoman dan kriteria
penyelenggaraan kearsipan
secara nasional
• Realisasi Pendapatan ANRI
tahun 2020 dibandingkan
dengan tahun 2019 secara
keseluruhan terdapat
penurunan sebesar -1,01 persen
• Realisasi Belanja pegawai ANRI
pada tahun 2020 bila
dibandingkan dengan tahun
2019 secara keseluruhan
mengalami penurunan sebesar -
14,77% atau Rp7,79 miliar
• Realisasi Belanja barang ANRI
pada tahun 2020 jika
dibandingkan dengan tahun
2019 mengalami penurunan
sebesar -46,19% atau sebesar
Rp49,85 miliar.
• Realisasi Belanja modal ANRI
pada tahun 2020 jika
dibandingkan dengan tahun
2019 mengalami penurunan
yang cukup besar yaitu sebesar
-95,23% atau sebesar Rp96,52
miliar.
Penulis: Ratna Christianingrum, S.Si., M.Si.
Abstrak:
• Dampak pandemi Covid-19
mengakibatkan tingginya angka
kemiskinan secara nasional.
• Program Pemulihan Ekonomi
Nasional bertujuan untuk
melindungi, mempertahankan, dan
meningkatkan kemampuan
ekonomi para pelaku usaha dalam
menjalankan usahanya selama
pandemi Covid-19.
• Keberhasilan program PEN
bergantung pada kondisi ketertiban
dan keamanan.
• Realisasi anggaran fungsi
ketertiban dan keamanan tumbuh
rata-rata sebesar 4,3 persen per
tahun.
• Salah satu lembaga yang
melaksanakan fungsi ketertiban
dan keamanan adalah Kepolisian.
• Kinerja Kepolisian sebagai salah
satu lembaga yang menjalankan
fungsi ketertiban dan keamanan
menunjukkan hasil yang
menggembirakan berkaca dari dua
indeks: GPI dan STI.
• Berdasarkan penjelasan tersebut,
skor GPI dan STI Indonesia masih
menunjukkan posisi dalam
jajaran negara damai di dunia
pada tahun 2021 di tengah kondisi
pandemi Covid-19.
Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI, Lantai 6, Jl. Jend. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270. Telp. 021-5715.269 / 5715.635 / 5715.656 - Fax. 021-5715.635