Tim Kunjungan Kerja Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara
(PKAKN) Badan Keahlian DPR RI yang dipimpin Kepala Pusat Kajian AKN
Drs. Helmizar, M.E. melakukan kunjungan ke Provinsi Jawa Barat pada
Selasa, 30 Maret 2021 dan Rabu, 31 Maret 2021.
Dalam Kunjungan tersebut, PKAKN melakukan diskusi secara langsung
(luring) dan daring melalui Zoom Meeting dengan Dinas Pendidikan
(Disdik) Provinsi Jawa Barat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
Perwakilan Provinsi Jawa Barat terkait Kajian “Program Bantuan Kuota
Data Internet Pada Masa Pandemi Covid-19” yang sedang dikaji oleh Tim
PKAKN.
Kepala Pusat Kajian AKN, Drs. Helmizar, M.E. menjelaskan bahwa dalam
pelaksanaan program bantuan kuota data internet terdapat beberapa
permasalahan akuntabilitas yang kemungkinan besar akan berdampak
pada efektivitas program bantuan. Diantaranya terdapat permasalahan
basis data yang dalam perencanaan awal tidak mempertimbangkan
kesesuaian kriteria penerima manfaat, alokasi bantuan yang tidak
didasarkan pada tingkat kebutuhan peserta didik, dan kondisi geografis
wilayah yang mempengaruhi ketersediaan akses jaringan internet
sehingga berpotensi menimbulkan kesenjangan mutu pembelajaran.
Drs. H. Wahyu Mijaya, SH., M.Si. selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Prov.
Jabar menjelaskan di tahun 2020 Disdik Prov. Jabar bekerja sama dengan
salah satu provider yaitu Telkomsel. Telkomsel menyediakan 3,25 Juta
kartu perdana baru yang dapat digunakan siswa sebesar 10GB secara
gratis. Berbeda dengan yang diberikan Kemendikbud yang memberikan
bantuan kuota dengan lebih dari satu provider.
Selanjutnya, dalam diskusi dengan BPK Perwakilan Prov. Jabar, Kepala
Perwakilan BPK Prov. Jabar, Agus Khotib menjelaskan bahwa keterlibatan
Perwakilan BPK Prov. Jabar terhadap program bantuan kuota internet
secara khusus tidak ada. Namun, secara tidak langsung dalam
pemeriksaan pelaksanaan APBD, program tersebut menjadi bahan
pemeriksaan (secara sample) untuk menguji penggunaan kuota data
internet yang bersumber dari APBD pada dana Bantuan Operasional
Sekolah (BOS).
Lengkapnya Kajian dapat diakses di www.puskajiakn.dpr.go.id
#KunkerPKAKN #DPRRI #BKDPRRI #SetjenDPRRI #KuotaDataInternet
#PKAKN
Dengan Tema bahasan “Implementasi Program Bantuan Kuota Data
Internet di Lingkungan Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2020-2021”
Diskusi bersama Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Dengan Tema bahasan
“Menjamin Kepastian Terwujudnya Akuntabilitas dan Transparansi
Program Bantuan Kuota Data Internet”
Diskusi bersama Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Cirebon
Dengan Tema bahasan “Arti Penting Program Bantuan Kuota Data
Internet dalam Mendorong Peningkatan Mutu Pembelajaran di Masa
Pandemi Covid 19”
Hari/Tanggal: Rabu, 17 Maret 2021
Pkl: 09.00 WIB
Meeting ID: 979 1533 3231
Passcode: PKAKN900
Sambutan:
Dr. Inosentius Samsul, S.H., M. Hum.
Kepala Badan Keahlian DPR RI
Drs. Helmizar, M.E.
Kepala Pusat Kajian AKN
Arif Nurudin, MT
Rektor Univ. Muhammadiyah Cirebon
Narasumber:
1. Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D.
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud RI
2. Dr. Muhammad Hasan Chabibie, S.T., M.Si.
Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kemendikbud RI
3. Arif Nurudin, MT
Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon
Moderator:
Kiki Zakiah, S.E., M.AP
Analis APBN Ahli Madya
Dengan Tema bahasan “Mengukur Efektivitas dan Akuntabilitas
Pelaksanaan Program Bantuan Kuota Data Internet”
Hari/Tanggal: Selasa, 16 Maret 2021
Pkl: 13.00 WIB
Meeting ID: 992 4440 5134
Passcode: PKAKN1300
Sambutan:
Drs. Helmizar, M.E.
Kepala Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara
Arif Nurudin, MT.
Rektor Univ. Muhammadiyah Cirebon
Narasumber:
1. M. Nana Trisolvena, MT
Wakil Rektor 1 UMC
2. Wiwi Hartati, S. Kom.,M.Si
Wakil Rektor 2 UMC
3. Elya Kusuma Dewi, MH
Dekan Fakultas Hukum
4. Sari Laelatul Qodriah, S.E. M.Si.
Dekan Fakultas Ekonomi
5. Ahmad Yusron, S.Sos., M.Si.
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
6. Bagus Nurul Iman, M.Pd
Kepala Lembaga Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran
Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara Badan Keahlian Sekretariat Jenderal
DPR RI menyelenggarakan Kunjungan Kerja ke BPKP Perwakilan Provinsi Jawa
Tengah pada tanggal 10 Maret 2021, Pkl. 09.30 WIB dan disambut oleh Kepala
Perwakilan BPKP Jawa Tengah: Wasis Prabowo, Korwas Bidang IPP-1: Petrus
Ngorantutul, Korwas Bidang IPP-2: Kapsari, Korwas Bidang APD-1: Heru Tarsila,
Korwas Bidang APD-2: Triwibowo Aji, Korwas Bidang Akuntan Negara-1: Maladi,
Korwas Bidang Akuntan Negara-2: Marsudi, Korwas Bidang Investigasi-1:
Purwoto Utomo, Korwas Bidang Investigasi-2: Jumanto, Korwas Bidang P3A:
Sunarto, Kepala Bagian TU: Widyatmono
Adapun kegiatan ini bermaksud untuk berdiskusi dan konfirmasi data terkait
“Data Terpadu Kesejahteraan Sosial” atau DTKS.
Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara Badan Keahlian Sekretariat
Jenderal DPR RI menyelenggarakan Kunjungan Kerja ke Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang pada tanggal 9 Maret
2021, Pkl. 13.00 WIB dan disambut oleh Kepala Dinas: Drs. Adi Tri
Hananto, Sekretris: Hasto Hikmahoni, SH., dan ADB: Sayogo Aji
Kurniawan, S. Kom. Adapun kegiatan ini bermaksud untuk berdiskusi dan
konfirmasi data terkait “Data Terpadu Kesejahteraan Sosial” atau DTKS.
Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI, Lantai 6, Jl. Jend. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270. Telp. 021-5715.269 / 5715.635 / 5715.656 - Fax. 021-5715.635