Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara Badan Keahlian DPR RI
menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion dengan BPKP dan
Akademisi dari Universitas Nasional juga Universitas Terbuka dengan
Judul "Evaluasi Kebijakan PC-PEN dalam Penanganan Pandemi Covid-19“
Kegiatan ini menghadirkan Narasumber yaitu:
1. Salamat Simanullang, Ak., M.B.A., CMA, CA, QIA, CGCAE (Deputi
Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang
Perekonomian dan Kemaritiman)
2. Dr. Susanti, M.Si. (Kepala Program Studi S3 Universitas Terbuka)
3. Dr. Zulmasyhur, M.Si. (Ketua Pusat Studi Birokrasi dan Tata Kelola
Pemerintahan Universitas Nasional)
Selain itu diskusi ini dihadiri juga dari Sekretariat Komisi dan Tenaga Ahli
Komisi II, V, VI, VIII, IX, dan XI
Badan Keahlian DPR RI & Universitas Sebelas Maret melakukan
penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)
Selain itu, dilakukan juga Seminar "Mengawal Akuntabilitas Program Kartu
Prakerja di Masa Pandemi Covid-19"
Kegiatan seminar ini juga dalam rangka Tim PKAKN dalam menyusun
kajian terkait Program Kartu Prakerja.
Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Anggota Komisi IX DPR RI
yaitu Rahmad Handoyo, S.Pi., M.M. yang mengharapkan hasil seminar ini
dapat disampaikan kepada pelaksana Program Kartu Prakerja agar dapat
melibatkan akademisi dan stakeholder lain untuk melakukan monitoring
dan evaluasi Program Kartu Prakerja, agar monitoring dan evaluasi tidak
hanya berdasarkan survey saja tetapi juga melibatkan stakeholder
lainnya.
Narasumber lainnya memaparkan dari sisi lain seperti Prof. Dr. Adi
Sulistyono, S.H., M.H. dari sisi hukum dan politik, Prof. Dr. Izza Mafruhah,
S.E., M.Si. dari sisi Ekonomi dan Dr. Atmaji, M.M. dari sisi efektifitas
Program Kartu Prakerja.
Kegiatan seminar ini dapat di saksikan kembali dalam kanal YouTube
Setjen DPR RI Channel, atau melalui link: https://youtu.be/nwP82x1ubWc
Dapatkan materi dan sertifikat melalui link berikut:
https://s.id/materiseminarprakerja
https://s.id/sertifikatseminarprakerja
Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara Badan Keahlian DPR RI,
menyelenggarakan Seminar dan Focus Group Discussion “Akuntabilitas
Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial” 3 & 4 Mei 2021.
Pada hari kedua dilanjutkan acara FGD dengan narasumber;
1. Prof. Dr. Amany Lubis, M.A., DTKS menyampaikan bahwa dasar acuan
dalam pelaksanaa kesejahteraan sosial yaitu dikelola dengan baik,
akuntabel, dan berkelanjutan
2. Dr. Zulmasyhur, M.Si., menyampaikan bahwa Perguruan tinggi bisa
memberikan bimbingan teknis pembelajaran kepada TKSK PSM dalam
bidang ilmu sosial dengan satu desa minimal 6 dan disitu mereka
melakukan pendataan.
3. Ir. Syahrir Ika, M.M., menyampaikan bahwa Pemerintah berperan
sebagai sentral pemulihan dan menjadi satu-satunya komponen yang
tumbuh secara postif karena komponen lainnya menunjukkan ke arah
koreksi/perbaikan.
4. Suharma, MP., Ph.D., DTKS menjelaskan bahwa untuk Bansos memiliki
pemahaman yang keliru, dalam hal ini tujuan DTKS adalah untuk
menyelesaikan masalah yang salah satunya adalah Bansos. Kemudian
diperlukan payung hukum yang lebih dari Permensos dimana DTKS
dimasukkan secara normatif di dalam Undang-undang. Vervali dan survey
ekonomi terdahulu memiliki instrument yang berbeda.
Lengkap mengenai agenda Seminar ini dapat dilihat dalam YouTube “DPR
RI” di link berikut: https://youtu.be/uXsrR6buWMA
Untuk materi Narasumber dapat didownload dalam link:
http://bit.ly/MateriDTKS3Mei
@dpr_ri
@bk_dprri
@helmyzasya
@puslitbkdofficial
@pusatpuubk_dpr
@puskajianggaran
@puspanlak_uu
@poltekesosbandung
@uinjktofficial
@unas1949
#SeminarFGD_DTKS
#DTKS
#PusatKajianAKN
#PKAKN
#DPRRI
#SetjenDPRRI
#BKDPRRI
#BadanKeahlian
#UINJKT
#UniversitasNasional
#HimpunanPenelitiIndonesia
#politeknikkesejahteraansosialbandung
Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara (PKAKN) Badan Keahlian
Sekretariat Jenderal DPR RI menyelenggarakan Seminar dan Focus Group
Discussion (FGD) Online dengan tema “Akuntabilitas Pengelolaan Data
Terpadu Kesejahteraan Sosial”.
Kegiatan ini dalam rangka perbaikan data kesejahteraan sosial. Bagi yang
ingin berpartisipasi silakan registrasi di link berikut
http://bit.ly/DTKSREGISTRASI
Seminar akan diadakan pada hari Senin, 3 Mei 2021 dan FGD akan
diadakan pada hari Selasa, 4 Mei 2021. #SetjenDPR #BKDPR
Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI, Lantai 6, Jl. Jend. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat 10270. Telp. 021-5715.269 / 5715.635 / 5715.656 - Fax. 021-5715.635